Selasa, 23 Agustus 2022

Catatan Spiritual Camp dan HUT SMK Negeri 4 Kota Bima Yang Ke 17

 


Adanya kegiatan spiritual camp yang berlangsung di SMK Negeri 4 Kota Bima dari Tanggal 19 - 22 Agustus 2022, memberi warna yang berbeda pada setiap peserta didik dan pendidik.


Pelajaran berharga : peserta didik disuplay energi positif dan membuka cakrawala berpikir dan mengisi energi rohani dengan asupan siraman² wejangan nasehat yang baik dan membentuk kepribadian seperti yang   diharapkan dalam projek penguatan profil pelajar pancasila (P5).


Bagi pendidik : membangun dan memperkuat hubungan personal antara satu dengan yang lain dalam bingkai bersama dan membersamai  sebagai wujud  menjaga nilai - nilai persaudaran yang hakiki berdasarkan rasa cinta antar sesama.


Peserta didik yang ikut kegiatan spiritual camp, tampaknya merasa nyaman dan menyenangkan ketika acara demi acara digelar dan keaktifan mereka mengikuti kegiatan menjadi indikator bahwa peserta didik telah menjiwai. Katakanlah tiba jadwal ceramah agama mereka simak menyimaknya dengan baik, dan ketika waktu subuh tiba mereka bergegas untuk melakukan sholat berjamaah di mushollah dan kegiatan² yang lain yang mereka ekspresikan. 


Dan pada saat acara penutupan, dua kelompok peserta didik menyuguhkan kreatifitas mereka didepan kepala sekolah dan guru-guru, sebagai penyambutan Hari Ulang Tahun SMK Negeri 4 Kota Bima.


Gegap gempita dan rasa haru diacara penutupan spiritual camp dan sekaligus menyambut Digahayu SMK Negeri 4 Kota Bima, membawa suasana haru biru.


Dalam penyampaiannya kepala sekolah Muhamad Suhud, S.Pd, mengungkapkan," bahwa kalian anak²ku yang ikut spiritual camp, akan menjadi agen perubahan untuk diri kalian dan orang lain, dan apa yang membekas selama spiritual camp, dirawat dan sirami agar tumbuh kembang dan mampu melindungi diri dari zat zat racun yang setiap saat tanpa kita sadari ada di depan mata kita," ungkapnya penuh kepada peserta didik


"Dan siang ini saya menutup kegiatan spiritual camp dengan ucapan alhamdulliah dan terima kasih kepada anak²ku dan ucapan terima kasih pula kepada bapak dan ibu guru yg dengan ikhlas menemani anak² untuk kemah bersama di sekolah"


Dan sesaat setelah penutupan spiritual camp itu, tiba² dari depan sekelompok pesertas didik maju ditengah lapangan dengan melakukan sebuah atraksi mengucapkan selamat hari ulang tahun SMK Negeri 4 Kota Bima dengan gerakan bendera morse. 


Setelah itu disusul oleh peserta didik yang lain dengan membentangkan spanduk yang tertulis DIRGAHAYU SMK Negeri 4 Kota Bima Ke 17 dan disertai dengan qoute : 


Teruslah menggali potensi

Teruslah mengembangkan bakat

Kesadaran adalah kejujuran untuk mau merubah diri


Dan tampak peserta didik bergerak perlahan menuju tempat berkumpulnya guru pas di depan spanduk ukuran 2 x 3  yang dipasang ke arah timur. Perlahan Ibu July pegawai SMK Negeri 4 Kota Bima dengan wajah yang penuh bahagia, membawa sebuah tumpeng dan meletakkannya diatas meja. 


Semua yang ada di lokasi begitu terharu, karena apa yang dilakukan oleh teman² adalah sebuah suprise dan tidak disangka oleh kepala sekolah, sebab nanti malam akan ke mataram untuk dinas. 


Begitu terharunya kepala sekolah apa yang dirasakannya saat itu, dan untuk memotong tumpeng kepala sekolah meminta kepada pengantin yang ada : Pak Zul dengan Ibu Atfi, Pak Agus dengan Ibu Emi, Ibu Sri dengan Pak Ifantri (berhubung Pak Ifantrinya tidak hadir, digantikan dengan Ibu Fita yang juga sebagai adik dari Ibu Sri).


Eforia HuT SMK Negeri 4 Kota yang ke 17 memberi kesan yang yang berharga dan bukan hanya slogan bahwa bersama dan membersamai yang menjadikannya motto SMK Negeri 4 Kota Bima benar² terkristalisasi dalam wujud nyata.


Selanjutnya dibagikan bingkisan kemah terbaik untuk yang laki² dan perempuan.


#NTBGemilang

#DikbudNTB

#GemilangKarya

#Sa_Ya_Bisa_Hebat_Luarbiasa

#SMKN4KotaBima

#Bertalenta

#SMKPK

#HUT_SMKN4kobi_17

#PenutupanSpiritualCam


EmoticonEmoticon