Minggu, 21 November 2021

Pencapaian 100 Hari Kerja Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Kota Bima, Muhammad Suhud, S.Pd

 


 Untuk mendapatkan hasil yang paripurna dalam seratus hari kerja pada lembaga pendidikan atau lembaga lain adalah suatu kemustahilan. Namun untuk mengukur indikator perubahan tersebut, bisa dilakukan dengan variabel-variabel yang menjadi standar, menyesuaikan dengan visi misi NTB Gemilang dan Gemilang karya, namun tetap mengacu kepada sistem yang sudah diatur dalam undang-undang pendidikan sebagai patron bagi seluruh satuan pendidikan. 

 Sekolah yang merupakan muara dari pendidikan adalah lumbung dan ujung tombak dari cita-cita pahlawan pendidikan untuk mencerdaskan bangsa. Dalam wilayah satuan pendidikan sekolah, ada sub-sub unit yang terbagi pada tugas-tugas tambahan. Seumpama sebuah kapal, dari nakhoda sampai ABK adalah satu kesatuan fungsi dan tugas untuk mencapai dermaga. Seperti itulah rantai-rantai unit kerja di sekolah, semua bergerak sesuai dengan tugasnya. Namun faktor yang paling utama adalah kepiawaian seorang manager (baca: kepala sekokah) dalam mengatur, mengelola lembaga pendidikan untuk menularkan energi positif dan mampu menciptakan iklim kerja yang "teduh dan memberi kenyamanan" bagi warga sekolah.

 Dalam perjalanan waktunya SMK Negeri 4 Kota Bima, beberapa bulan kemarin, tepatnya Hari Jum'at Tanggal 13 Agustus 2021, dilaksanakan serah terima jabatan kepala sekolah dari kepala sekolah lama Drs. Fathurahman ke kepala sekolah yang baru, Muhammad Suhud, S.Pd. Teringat saat beliau menyampaikan sambutannya setelah secara resmi menjadi Kepala SMK Negeri 4 Kota Bima. "Dengan niat yang tulus, insha Allah saya menjalankan amanah ini dengan sepenuh hati, semoga saya diterima menjadi bagian dari keluarga besar SMK Negeri 4 Kota Bima dan satu hal "bersama dan membersamai" akan menjadi motto bagi saya untuk bersama-sama, memajukan SMK Negeri 4 Kota Bima." 

 Terhitung sejak 13 Agustus sampai dengan 20 November 2021, genap seratus hari Bapak Muhammad Suhud, S.Pd memimpin SMK Negeri 4 Kota Bima, adapun pencapaian yang dilakukan selama 100 hari kerja adalah : 

 1. Memperbaharui visi misi dan tujuan sekolah, mengapa ini yang pertama? karena visi misi dan tujuan sekolah akan menjadi "cetak biru" atau target yang harus dicapai oleh sekolah dengan tetap menyelaraskan arah kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTB, seperti the power of 4 P : (Profil, Penampilan, Pelayanan, dan Prestasi) Adapun Visi SMK Negeri 4 Kota Bima sekarang adalah "BERTALENTA" (Bertaqwa, Unggul, Energik, Enterpreneur dan Trampil) dan visi misi dan tujuan sudah tertuang dalam program sekolah.

 2. Mengeksekusi sarana praktek di bengkel APAT yaitu pada kolam pembesaran dengan melakukan penyekatan sebanyak 5 kolam yang ukurannya 2 x 3 meter. Kenapa dilakukan penyekatan? Pengontrolannya sangat Efisien dan efektif dan memudahkan bagi peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran praktek, selanjutnya ada ruang untuk dilakukan penyortiran, dan sering kekurangan air karena kolam budidaya cukup luas 15 x 30 meter, ini tidak efektif. 

 3. Pembuatan tiang untuk alat praktek Kompetensi Keahlian NKPI yaitu radar dan meteorologi dan eceanografi, ini juga menjadi penting, untuk memudahkan peserta didik dalam mengenal alat-alat navigasi 

 4. Untuk prestasi, peserta didik SMK Negeri 4 Kota Bima, mewakili zona 4 (Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu) bidang nautika dalam ajang lomba LKS tingkat SMK Se NTB dan mendapatakan peringkat 3 (tiga) 

 5. Pencanangan Hari Ulang Tahun Sekolah yang jatuh pada Tanggal 23 Agustus 2021. 

 6. Pembanguan panggung ekspresi untuk kegiatan peserta didik di dalam mengembangkan minat dan bakatnya. (Step by step) belum sampai finishing. Panggung ini tepat berada disekeling pohon "rida" yang besar (ejaan daerah bima) dengan ringgi 50 cm dan diameternya 12 meter. 

 7. Mengirim 4 orang guru ke makasar selama 2 minggu untuk mengikuti workshop peningkatan kompetensi guru 

 8. Melakukan launching sabtu budaya, dengan menampilkan atraksi-atraksi kesenian daerah. 

 9. Melakukan kemah pendidikan karakter di sekolah, dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila. 

 10. Melakukan Diklat Kompetesi Guru di sekolah sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang diikuti oleh 4 orang guru di Makasar. 

 11. Tim sepak takraw putri SMK Negeri 4 Kota Bima mendapatkan juara 1, antar pelajar SMK/SMA Se kabupaten dan Kota Bima dalam rangka memeriahkan dan menyambut hari ulang tahun NTB, 17 Desember 2021. Dan tim putri SMK Negeri 4 Kota Bima akan berlaga lagi di tingkat Provinsi NTB, awal Desember ini. 

 12. Tim bola voli putri SMK Negeri 4 Kota Bima lagi-lagi mendapatkan juara 1, pada Turnamen Bola Voli Man 1 Cup Kota Bima 

 13. Pembentukan Tim ASIPASAKA (Akselerasi Pengembangan SMK Negeri 4 Kota Bima)

 14. Dan Terakhir kemarin Tanggal 20 November 2021, bertepatan dengan 100 hari Kepemimpinan Bapak Muhammad Suhud, S.Pd, mendapatkam kabar bahwa salah satu peserta didik dari SMK Negeri 4 Kota Bima yang ikut BST, di Mataram mendapatkan penghargaan The Best Leadership"

 Pada Sabtu kemarin 20 November 2021 melakukan rapat bersama dengan seluruh warga sekolah, untuk merefleksikan 100 hari kinerja Tim SMK Negeri 4 Kota Bima. kepala sekolah bapak Muhammad Suhud, S.Pd, secara terbuka menyampaikan semua yang telah dilalukannya bersama dengan guru, bahkan dalam keuanganpun tak luput dari penyampaian Bapak kepala sekolah, sebagai bentuk pertanggung jawabannya.

 "Apa yang dicapai dalam 100 hari ini, adalah motivasi kita untuk terus menerus melahirkan ide-ide yang briliant, berinovasi dalam pembelajaran, dan saling menularkan energi positif, sehingga tidak ada celah atau ruang untuk bersikap pasif, maka dari itu ruang inovasi dan kreatif tidak terlepas dari nilai kebersamaan dan membersamai dalam rangka mewujudkan SMK Negeri 4 Kota Bima Bertalenta." ucapnya penuh semangat. 

 Dan untuk memperkuat kebersamaan dan membersamai, dengan sederhananya kepala sekolah menganalogikan, "ibarat lubang ventilasi yang ada pada ruangan rapat ini, dan pada lubang yang di bagi tiga itu, adalah ruang gerak sirkulasi udara agar tetap sejuk dan terjaga, insha Allah, saya akan tetap menjaga sirkulasi udara itu Dan selalu membersamai untuk menjadi medium bagi kita dalam menjaga berkomunikasi dan berkoordinasi, sehingga kita tidak ada jarak untuk selalu membagi ruang dalam berinteraksi." ucapnya penuh keramahan

 "Dengan adanya gelombang energi-energi positif, lanjutnya, bukan musfahil orientasi pengembangam sekolah bisa kita wujudkan, selaras dengan yang digaungkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB yaitu, The Power Of 4 P, yaitu Profil, Penampilan, Pelayanan dan Prestasi," harapnya (humassmkn4kobi)


EmoticonEmoticon