Jumat, 27 Agustus 2021

Tim Pengawas SMK Dikbud Cabang Bima dan Kota Bima Melaksanakan Supervisi



Tim pengawas Dinas cabang Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bima dan Kota Bima yang terdiri dari: Koordinator Pengawas SMK Kota Bima, Drs. Usman Syam, Pengawas Pembina, Drs. H. Muhammad Saleh, S.Pd, dan tim pengawas lainnya: Abas, M.Pd dan Hardono, M.Pd, melakukan kunjungan resmi dalam rangka melakukan supervisi terhadap kepala sekolah dan  bapak ibu guru SMK Negeri 4 Kota Bima. Pelaksanan supervisi ini berdasarkan surat resmi yang diterima oleh sekolah, dan ditindaklanjuti pada hari ini, Sabtu, 28 Agustus 2021 bertempat di ruangan guru. Sebelum pemeriksaan administrasi, tim pengawas melakukan pembinaan terhadap bapak dan ibu guru.


Dalam kegiatan tersebut, kepala sekolah SMK Negeri 4 Kota Bima, menyampaikan ucapan selamat datang kepada koordinator pengawas, pengawas pembina dan tim pengawas lainnya, didepan pengawas, dan kepala sekokah, mengatakan," terhitung dari tanggal 13-28 Agustus 2021 kami bersama dengan dewan guru, sudah merencanakan program sekolah dan sampai hari ini progresnya sudah 80 persen, dan insyaAllah akan diloanching bertepatan dengan agenda silaturahmi dengan orang tua siswa dan pemilihan pengurus komite dan pembentukan ikatan alumni SMK Negeri 4 Kota Bima, yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 September 2021," ungkap Pak Suhud panggilan akrab kepala sekolah, di depan pengawas dan bapak ibu guru.

Kemudian, dilanjutkannya," bahwa SMK Negeri 4 Kota Bima sudah mencanangkan Visi yang baru yaitu SMK Negeri 4 Kota Bima yaitu Bertalenta, artinya Bertaqwa, Unggul, Energik, dan Trampil. Dengan konsep visi yang baru ini, yang akan dibreakdown ke program sekolah, dan kami menyampaikan informasi juga kepada pengawas bahwa SMK Negeri 4 Kota Bima akan mengikutkan salah satu siswa NKPI atas nama Adril Sofihin untuk mengikuti kompetisi LKS dibidang nautika, insyaAllah mewakali kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu di bidang Nautika, dan harapan kami kepada pengawas, untuk melakukan pembinaan, dan masukan_masukan agar SMK Negeri 4 Kota Bima ke depan bisa menjadi pioner dalam mengembangkan kompetensi keahlian," harapnya penuh semangat. 




Kesempatan pertama, oleh pengawas pembina SMK Negeri 4 Kota Bima, Drs. H. Muhammad M.Saleh, S.Pd, dalam pembinaannya, mengatakan," untuk yang hadir pada hari ini, mohon untuk diabsensi seluruh bapak dan ibu guru, karena kehadiran adalah indikator dalam penilaian. Kami sudah menyampaikan lebih awal bahwa kehadiran kami, sudah diinformasikan lewat surat resmi, oleh karena itu seluruh bapak dan ibu guru harus hadir semua," ungkapnya dengan tegas.

Lebih lanjut dikatakannya," kami mengapresiasi apa yang disampaikan kepala sekolah tadi, bahwa belum sampai satu bulan beliau sudah, mencanangkan sebuah konsep program sekolah dengan sebuah visi besar; SMK Negeri 4 Kota Bima Bertalenta, ini adalah sebuah langkah besar, oleh karena itu, kepada seluruh elemen sekolah untuk mendukung,
apa yang menjadi program sekolah. Bapak ibu guru sesuai dengan tugas kami untuk melakukan supervisi perangkat pembelajaran, dan kehadiran kami juga bukan melihat kesalahan bapak dan ibu guru, tapi semata-mata untuk memberi motivasi kepada bapak dan ibu guru dan di bulan Agustus ini sekaligus kami akan melalukan pemeriksaan: kelengkapaan administrasi dan monitori evaluasi," ungkapnya mengakhiri sambutannya. 


Pada kesempatan kedua, Hardono, M.Pd, hanya berharap," dengan hadirnya kepala sekolah baru, semua elemen sekolah harus mampu berkerja sama dan berkoordinasi dengan agar program sekolah bisa berjalan dan terwujud sesuai dengan visi sekolah," harapnya mengakhiri sambutannya.

Kesempatan ketiga, Abas, M.Pd, mengatakan," kegiatan supervisi adalah tugas pengawas--kepengawasan manajerial menyangkut tugas kepala sekolah dan kepengawasan akademik. Kami melaksanakan tugas kolektif kolegial. Kami melakukan supervisi dimulai dari SMK Negeri 2 Kota Bima, SMKPP, SMK Negeri 3 Kota Bima, SMK Negeri 1 Kota Bima dan terakhir SMK Negeri 4 Kota Bima. Dalam melaksanakan tugas, kami profesional dan medokumentasikan dalam bentuk data, oleh karena itu kami berharap bapak dan ibu guru untuk lebih meningkatkan tugas dan fungsinya sebagai seorang guru,"ungkap Pak Abas mengakhiri sambutannya.

Berhubung waktu, selesai pengawas memberikan pembinaan, langsung pengawas memeriksa semua perangkat pembelajaran.

Setelah melakukan pemeriksaan, pengawas mengakui kelengkapan administrasi bapak dan ibu guru SMK Negeri 4 Kota Bima dan paling banyak memiliki Perangkat pembelajaran.











EmoticonEmoticon