Sabtu, 28 Mei 2022

FKCK Adakan Workshop Penyusunan Bahan Ajar Mapel Produktif Kemaritiman








Guru produktif core kemaritiman Se-NTB melaksanakan workshop penyusunan silabus, slide ajar dan bahan ajar mata pelajaran produktif, yang diadakan oleh Forum Komunikasi Core Kemaritiman (Adhika Wiyata Kawiswara Bahari).

Kegiatan tersebut berlangsung 26 - 28 Mei 2022 di Mataram Square dengan menghadirkan narasumber dari Bidang Pengembanga)n SDM Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan DR. Capt. Wahyu Wibisono, S.S.T, Pel, M.Mar dan dari pihak industri Mandalika Maritim Center  Capt. Febrian Primananda Hariawan, M.Mar.

Ketua panitia Ahmad Qurony, M.Pd dalam laporannya mengatakan," kegiatan workshop ini perdana setelah terbentuknya Forum Komunikasi SMK Core Kemaritimam Se-NTB sebagai langkah awal untuk menyamakan persepsi dalam penyususunan sillabus, slide ajar dan bahan ajar," ungkap Pak Qurony panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, adapun peserta yang ikut sebanyak 17 SMK Core Kemaritiman Se-NTB dan ditambah SMK Yapen Rays Sikka NTT, sesuai dengan jadwal pelaksanaan workshop berlangsung selama 3 hari mulai 26-29 Mei 2022 dan Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada SMK Kemaritim yang mengambil bagian dalam kegiatan ini dan harapan kami, semoga workshop yang kita laksanakan ini membuka cakrawala berpikir semata-mata untuk meningkatkan skill kepelautan peserta didik dan siap diserap di IDUKA," harap ketua Forum SMK Kemartiman yang juga Kepala SMKN 1 Lembar.

Pada hari kedua Kabid PSMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB  M. Khairul Ihwan,S.Pd., MT membersamai peserta Workshop dan permohonan maaf kemarin tidak bisa hadir karena masih berada di Sumbawa karena harus mengantar SMK Core Pariwisata ke Pulau Moyo.

"Bersyukur sekali, Forum Komunikasi SMK Core Kemaritiman mampu melaksanakan kegiatan Workshop sebagai langkah strategis menyamakan persepsi dalam rangka akselerasi pembelajaran dan luar biasa pula atas kehadiran Capt. Febrian dari IDUKA dan Capt. Wahyu dari Kementerian Perhubungan Laut,"ungkapnya penuh bangga

Ia menegaskan," Apa yang dilakukan oleh SMK Core Kemaritiman menjadi contoh terdepan bagi SMK Core yang lain, mulai berkumpul untuk menyusun bahan ajar yang sama," tegasnya

Ia pun berharap, alumni - alumni SMK Kemaritiman dapat terserap dan kita harus meyakini bersama dengan ikhtiar dan upaya yang dilakukan oleh Capt. Febrian dengan link and macth dengan perusahaan pelayaran -- membuka jalan bagi tamatan SMK Kemaritiman di NTB ini," ungkapnya penuh harap.

Pada hari ketiga, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Bapak DR. H. Aedy Furqon, M. Pd, pun hadir ditengah-tengah peserta Workshop pada sore harinya dan meminta maaf kepada peserta karena kemarin  berada di Sumbawa menemani Gubernur NTB.

"Kegiatan Workshop ini adalah salah satu link and match dengan Iduka artinya kurikulum kita menyelaraskan dengan kebutuhan Iduka," ungkap Pak Kadis

Ia pun menegaskan, " IPM NTB perlu di Upgrade, ada 3 (tiga) indikator bidang yang menjadi perhatian ; pertama, Pendidikan, Kedua Kesehatan dan ketiga Ekonomi. Untuk pendidikan ada banyak unsur yang harus diberi perhatian, apa yang dilakukan oleh Forum Komunikasi SMK Core Kemaritiman adalah upaya meningkatkan mutu pendidikan, oleh karena itu hadirnya kedua Capt. Febrian dan Capt. Wahyu ini menjadi indikator sebagai upaya peningkatan kompetensi pendidik," tegasnya


Pada waktu yang sama Kepala Dikbud NTB, melakukan penandatangan MoU dengan Direktur MMC Bapak Capt. Febrian
Primananda Hariawan, M.Mar dan sekaligus melepas secara resmi Alumni SMKN 1 Alas dan SMK Pelita Harapan Bima yang akan bekerja di perusahaan pelayaran.


EmoticonEmoticon