Kamis, 16 Desember 2021

SMK Negeri 4 Kota Bima - Wisata Belajar Ke Lokasi Budidaya Udang Vaname Kabupaten Lombok Utara





Sehari setelah laga final tim putri sepak takraw SMK Negeri 4 Kota Bima, Rabu, 14 Desember 2021, memanfaatkam waktu keberadaan peserta didik dan guru yang berada di Mataram, Kepala sekolah Bapak Muhammad Suhud  mengajak untuk wisata belajar di Kabupaten Lombok Utara, melihat secara budidaya udang vaname dengan inovasi sistem bioflog.

Kepala sekolah Bapak Muhammad Suhud, S.Pd, saat bersama rombongan menuju KLU, mengatakan," Rencana wisata belajar ini, bukan tiba masa tiba akal, namun jauh-jauh hari sudah direncanakan, nah, kebetulan peserta didik kita berada di Mataram (final sepak takraw), memanfaat waktu itulah kita akan mengajak siswa untuk wisata belajar, dari belajar pengalaman orang lain, kita bisa "mengamati, meniru dan memodifikasinya", ungkapnya penuh semangat

Satu kali mendayung, dua atau tiga pulau dilewati, ya...pada Rabu itu, pagi harinya rombongan SMK Negeri 4 Kota Bima berkunjung ke Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi NTB, bersilaturahmi dan menjajaki hubungan kemitraan dengan DKP. Alhamdulillah respon Kepala Dinas DKP dan para  kabid terhadap program-program yang dipaparkan oleh Kepala sekolah SMK Negeri 4 Kota Bima, yang notabene "core kemaritiman". 

Siang harinya kepala sekolah dan rombongan SMK Negeri 4 Kota Bima berangkat ke KLU dengan menggunakan melewati jalur sengginggi.

Lebih kurang satu jam rombongan SMK Negeri 4 Kota Bima sampai di KLU. Namun sebelummya, pada saaat berada di ruangan Kadis DKP bersama para kabidnya, diinformasikan kalau ke KLU, tanya Pak Saiful (Dinas DKP - KLU ) untuk mengantarkan bapak -bapak dan juga Pak Saiful ada adalah salah satu pembinamya, begitulah yang diinformasikan oleh kabid.

Akhirnya sampai juga rombongan SMK Negeri 4 Kota Bims di  KLU dan orang pertama yang kami temui adalah Pak Saiful. 

Setelah bertemu Pak Saiful, kami diantar ke kelompok budidaya udang vaname dgn sistem bioflog. Dari kantor Pak Saiful, menuju lokasi yang dimaksud lebih kurang 5 menit. 


Kami berjalan beberapa langkah, dan didepan mata kami nampak pemandangan yang asing. Sebuah kolam yang terbuat dari lingkaran besi dan dilapisi dengan terpal khusus dengan diameter lingkaran 5 meter, dan kebetulan saat kami berkunjung, umur udang vaname baru 18 hari, begitulah informasinya. Jumlah kolam sebanyak 20 dengan ukuran yang sama. Pak Saiful memperkenalka bahwa kelompok budidaya udang vaname ini adalah wanita semua, namun tetap didampingi oleh pembinanya. Ia pun menjelaskan mulai dari proses awal pembuatan kolam sampai dengan pemanenan. 

Dan alhamdulilah rombongan SMK Negeri 4 Kota Bima, bisa mengamati secara langsung lokasi budidaya udang vaname.

Dengan demikian, proses wisata belajar tentang budidaya udang vaname dengan sistem bioflog bisa di kembangkan di SMK Negeri 4 Kota Bima.

#NTBGemilang

#DikbudNTB

#GemilangKarya

#PendidikanNTBMembanggakan

#SMKHebatBisa

#SMKN4KotaBima

#Bertalenta

#Asipasaka

#Wisatabelajar


EmoticonEmoticon