Kamis, 28 Oktober 2021

SMK Negeri 4 Kota Bima Selenggarakan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru

 


SMK Negeri 4 Kota Bima melaksanakan kegiatan bimbingan tekhnis (bimtek) peningkatan kompetensi guru melalui: penyusunan dupak dan  pembelajaran  berbasis projeck (PJBL), Rabu, 27 Oktober 2021. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Bengkel APHI dengan pesertanya guru-guru SMK Negeri 4 Kota Bima (ASN, P3K dan Non ASN), selain dari itu turut hadir juga salah satu guru seni dari SMAN 4 Kobi, yang ingin mengetahui proses dan tekhnis penyusunan dupak.  


Untuk Kegiatan penyusunan dupak, SMK Negeri 4 Kota Bima mengundang narasumber, Pak Bambang Setiawan, M.Pd, sedangkan untuk kegiatan PJBL yang menjadi narasumbernya 4 orang guru-guru SMK Negeri 4 Kota Bima yang kemarin mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi guru Diklat PJBL di Makasar. 


Kepala SMK Negeri 4 Kota Bima, Muhammad Suhud, S.Pd, saat memberikan sambutan mengatakan," terima kasih dam selamat datang kepada narasumber dan merasa bersyukur bahwa rangkaian kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan ekspektasi,"ucapnya di depan peserta. 


"Kegiatan bimtek ini, lebih lanjut dikatakannya, salah satu tindak lanjut dari kegiatan yang yang diikuti teman-teman guru di Makasar kemarin, dan ini perlu ditransformasikan kepada teman-teman guru yang lain agar memiliki pemahaman yang sama sebagai dasar untuk menyelaraskan produk yang dihasilkan susuai dengan kebutuhan IDUKA. Dan saya kira ini penting bagi seluruh seluruh guru yang mengampu mata pelajaran baik normatif, adaptif lebih-lebih produktif, dan semoga kegiatan yang dilaksanakan ini, akan memberikan dampak yang besar bagi peserta didik, tentunya bagi-guru sendiri akan meningkatkan kompetensi,"ucap Pak Suhud penuh harap 


Setelah kegiatan PJBL ini, dikatakannya pula, akan dilanjutkan dengan kegiatan pembahasan penyusunan dupak, yang insyaAllah di samping saya sudah ada Pak Bambang yang akan mengupas habis tentang dupak, karena ini juga penting mengingat bagian dari jenjang karier guru, dan lebih penting lagi  guru bisa menyusun dupaknya sendiri. Berhubung kegiatan bimtek ini akan sampai sore, saya tidak ingin memperpanjang kalam, dengan ucapan bismilahirrahmanirahim, kegiatan bimtek peningkatan kompetensi guru : penyusunan dupak dan PJBL, saya buka secara resmi," ucap Pak Suhud dengan senyumnya yang penuh semangat. 


Pada sesi pertama, kegiatan penyusunan dupak, yang dipandu ibu yuyun  yang juga kepala tata usaha baru di tempatkan di SMK Negeri 4 Kota Bima. 


Pak Bambang Setiawan, M.Pd yang merupakan narasumber yang di undang untuk membahas penyusunan dupak, menjelaskan secara rinci mulai dari pertama kali, apa yang harus dipersiapkan, sampai dengan terakhir, bukan hanya itu perhitungan PAK,  kegiatan-kegiatan yang mempunyai nilai kredit, dan juga publikasi-publikasi ilmiah atau inovasi dijelaskan mana yang memilki nilai tinggi atau rendahah, pak Bambang pun mengatatakan,"kegiatan bimtek semacam ini pun akan mendapatkan nilai kredit" jelasnya dengan penuh keyakinan 


Dengan gayanya yang khas dan sesekali membuat guyon, peserta bimtekpun merasa betah dan tidak bergerak dari tempat duduknya, sampai pada selesai sesi acara penyusunan dupak. 


Pada sesi kedua, dari 4 orang guru ikut workshol ke Makasar, di wakili oleh Pak Yusran, S.Pi, untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan workshop tersebut, point yang disampaikannya adalah kegiatan pembelajaran berbasis projeck ditekankan pada bagaimana menganalisis dan mensinkronisasikan atau menyesuaikan pada KD yang ada pada setiap mapel baik itu normatif, adaptif dan produktif sehingga ada kolaborasi dari KD yang sesuai itu, dan bisa menghasilkan sebuah proyek atau produk.


#NTBGemilang

#DikbudNTB

#PendidikanNTBMembanggakan

#GemilangKarya

#SMKHebatBisa

#SMKN4KotaBima

#Bertalenta

#Asipasaka

#Bimtek

1 komentar


EmoticonEmoticon