Sabtu, 09 Oktober 2021

SMK Negeri 4 Kota Bima, Gelar Launching Sabtu Budaya

 


Program Sabtu Budaya yang dicanangkan oleh pemerintah terus menggeliat bahkan semakin meriah dan semarak bagi dunia pendidikan. Sabtu budaya bukan hanya sekedar irama dalam senam gemargatra, namun lebih dari itu menanamkan kesadaran peserta didik untuk mengenal lebih jauh "local wisdom" -- kearifan lokal yang tertanam pada kehidupan masyarakat yang membudaya pada setiap;  tradisi tutur, kesenian, permainan rakyat dan kandungan-kandungan luhur pada setiap tradisi riwayat masyarakat.

SMK Negeri 4 Kota Bima dalam rangka menyambut-mengimplementasikan dan mensinergikan setiap program Dinas Pendidikan dan Kebudayan NTB yang merupakan break down dari tag line utama Propinsi NTB adalah NTB Gemilang dan Gemilang Karya, menggelar sebuah acara "Launching Sabtu Budaya" pada Hari Sabtu, 9 Oktober 2021 dengan membuka ruang ekspresi dan literasi bagi peserta didik untuk menampilkan kesenian tradisional dan permainan-permainan rakyat.

Kegiatan Launching Sabtu Budaya, dihadiri oleh Tim Pengawas SMK Kota Bima, diantaranya Bapak Drs. H. Muhammad Saleh (Pengawas Pembina SMKN 4 Kota Bima), Drs. Usman Syam (Koordinator Pengawas) Abas, M.Pd dan Hardono, M.Pd. Selain itu hadir juga unsur Komite, stake holder, dan tentunya peserta didik yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kepala SMK Negeri 4 Kota Bima, Bapak Muhammad Suhud, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan ucapan," selamat datang dan rasa hormat yang mendalam kepada Tim Pengawas SMK Kota Bima dan para undangan dan  terima kasih sudah hadir dalam memenuhi hajatan kami Launching Sabtu Budaya," ucapnya dengan wajah yang penuh kehangatan.

"Momentum launching sabtu budaya ini, lanjut Pak Suhud panggilan akrabnya, akan terus ditumbuhkan dikembangkan untuk ditanamkam kepada peserta didik sebagai ajang memperkenalkan kembali potensi potensi budaya yang terus tergerus oleh era digitalisasi, melalui kegiatan ini peserta didik akan memiliki karakter yang kuat dan diharapkan kedepannya akan terus dirawat, dilestarikan untuk generasi-generasi selanjutnya,"ucapnya
Ia menyebut," kegiatan launching ini, bertepatan dengan akan dilakukan supervisi oleh pengawas kepada tata usaha, insyaAllah sehabis launching Sabtu Budaya ini kami siap," ungkap Pak Suhud di depan pengawas dan tamu undangan yang lain.

Kami berharap, katanya lagi," kegiatan launching sabtu budaya ini menjadi patron motivasi bagi SMK Negeri 4 Kota Bima untuk berkembang maju dan terus menerus berbenah diri,"harapnya mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang kedua, pengawas pembina SMK Negeri 4 Kota Bima, Drs. H. Muhammad Saleh, S.Pd, mengungkapkan," Kegiatan Launching Sabtu  Budaya ini, sungguh luar biasa dan kami sebagai tim pengawas menyampaikan apresiasi  kepada seluruh warga sekolah atas terselenggaranya Launching Sabtu Budaya ini," ungkap aji sile panggilan akrabnya dengan penuh semangat.

"Kehadiran kami pada moment inipun, lanjutnya, bagian dari silaturahmi sebagai ajang mengeratkan ukhuawah islamiah diantara kita, sebagaimana yang dianjurkan oleh Baginda Rasulullah," ucapnya

"Launching itu adalah meluncurkan artinya  menandakan bahwa Sabtu Budaya akan terus dilaksanakan pada setiap hari Sabtu sebagaimana kita saksikan pada sekolah-yang lain, dan belum semua sekolah melaksanakan hajatan seperti pada SMK Negeri 4 Kota Bima, dan ini patut kiranya kami memberikan apresiasi. Untuk itu lanjutnya lagi, terlaksannya sebuah program tentu berlandaskan ikatan kerja sama yang baik mulai dari pimpinan sampai ke bawah," ungkapnya.

"Salah satu kesenian tradisional Bima adalah mpa'a gantao, itu harus dilatih terus, agar peserta didi bisa memainkan alatnya dan mempraktekkan gerakan-gerakannya," harap pengawas pembina mengakhiri sambutannya.





EmoticonEmoticon