Kamis, 30 September 2021

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, SMK Negeri 4 Kota Bima Gelar Kemah Pendidikan karakter Dengan Tagline Kepak Bertalenta

 

Pembinaan karakter siswa merupakan bagian yang sangat penting dari dunia pendidikan. Karakter siswa sangat koheren dengan nilai-nilai adab yang terintergrasi dengan sikap dan prilaku. Sebagai sekolah yang memilki core kemaritiman, pembinaan nilai-nilai karakter mutlak dilaksanakan, selain dari pembinaan dari latihan dasar disiplin korps (LDDK) yang terintegrasi dalam program sekolah ( saat penerimaan peserta didik baru). Kegiatan yang memiliki muatan karakter, seperti ini--dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila, SMK Negeri 4 Kota Bima menggelar acara  "Kemah Pendidikan Karakter Keluarga Besar SMK Negeri 4 Kota Bima Sebagai Implementasi Visi Sekolah" dengan mengusung tagline "Kepak Bertalenta".  Sebagai upaya untuk meningkatkan dan memperkuat karakter siswa.

Kegiatan yang berlangsung di halaman SMK Negeri 4 Kota dengan peserta seluruh warga sekolah (siswa, guru dan TU).

Zulfikar, S.Pd dalam laporannya menyampaikan," Kegiatan kemah pendidikan karakter ini, akan berlangsung selama 3 (tiga ) hari mulai hari kamis Tanggal 30 September s/d 2 Oktober 2021," lapor Pak Zul selaku ketua pelaksana.

"Beragam kegiatan sudah kami susun dalam rundown acara antara lain Kamis 30 Setember mulai sore (upacara pembukaan) dan malam nonton bareng (nobar) film G 30 S PKI, dan besok Jum'at, 1 Oktober melaksanakan upacara untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan pada malamnya akan dilaksanakan pentas seni dan hari terakhir Sabtu (bertepatan dengan Sabtu Budaya yang dicanangkan oleh Dikbud NTB) melaksanakan senam Gemagatra, gotong royong membersihkan sekolah dan pertunjukan permainan rakyat," ungkap Pak Zul yang juga Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan mengakhiri laporannya.

Kepala SMK Negeri 4 Kota Bima Muhammad Suhud, S.Pd, menyampaikan ucapan," terima kasih kepada panitia pelaksana dan warga sekolah terutama guru-guru baik yang ASN, P3K maupun Non ASN yang telah mengambil bagian untuk berpartisipasi secara bersama-sama dengan seluruh siswa bermalam di sekolah dalam satu hajatan kemah pendidikan karakter," ungkapnya dengan penuh rasa kesyukuran.

"Kegiatan kemah pendidikan karakter yang sudah terjadwal dalam rundown acara, adalah bentuk pengimplemtasian atau mengintegrasikan sebuah visi besar yang kita sekapati kemarin, yakni SMK Negeri 4 Kota Bima Bertalenta. Mengapa? Karena didalam kemah pendidikan berkarakter ini, termuat nilai-nilai Visi sekokah salah satunya  bertaqwa, artinya kita secara bersama-sama dengan siswa melaksanakan sholat berjamaah, didalam rundown acara juga ada pentas seni, nah, ini memberikan ruang kepada siswa untuk mengeksplorasi bakat dan minatnya dalam pentas pertunjukan, disamping itu ada jelajah alam di sekitar sekolah, kegiatan melatih rasa tanggung jawab, kebersamaan, dan rasa kepedulian. Menumbuh kembangkan nilai karakter semacam ini sangat perlu pada era sekarang ini, dan saya berharap semoga kegiatan kemah pendidikan karakter membumi pada siswa-siswa SMK Negeri 4 Kota Bima," ungkap Pak Suhud sapaan akrabnya sekaligus membuka acara kemah pendidikan karakter secara resmi.

Setelah acara seremonial, sesuai rundown acara tepat pukul 21.00 wita, seluruh siswa dan guru-guru berkumpul dilapangan dan di belakang bengkel NKPI, duduk lesehan menghadap ke barat dengan melayangkan mata melihat layar sudah sudah terpasang, siap untuk menayangkan film G30S PKI, dalam nobar tampak siswa tak bergeming dan siswa sangat antusias sehingga tidak ada yang bergerak dari tempat duduknya dengan penuh keseeiusan menonton film sejarah kelam bangsa indonesia. 


Setelah acara nonton bareng, pak Azhari SH, selaku pembina osis, menyampaikan kepada siswa," film G30 S PKI, bukan tonton hiburan semata, namun ada pesan yang sangat kuat untuk generasi agar didalam hati tetap terpatri jiwa patriotisme, karena kalian adalah penerus cita2 bangsa dan ingat, jangan sampai bangsa kita dirongrong oleh pengkhianat bangsa, kemerdekaan yang diraih ini atas perjuangan dan doa para pahlawan bangsa yang mengorbankan harta dan nyawanya," ungkapnya di depan para siswa.

Karena waktu sudah larut para siswa dan guru kembali ke kemah masing-masing karena besok akan ada upacara memperingati hari kesaktian pancasila.

Pada setiap memasuki waktu sholat, mushola SMK Negeri 4 Kota Bima penuh dengan siswa dan guru untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah, bukan hanya pada saat kemah ini, pada hari-hari sekolah khusus pada waktu sholat zuhur, menjadi bagian dari program sekolah untuk melaksanakan sholat berjamaah.


Pagi dini hari setelah melaksanakan sholat, seluruh siswa dikumpulkan untuk melatih gerakan-gerakan dasar beladiri sebagai pengganti senam. 



Pukul 08.00 semua siswa dan guru guru berkumpul untuk melaksanakan upacara memperingati hati kesaktian pancasila, dan sebagai petugas adalah bapak dan ibu guru. Dan sesuai dengan rundown acara sore harinya adalah permainan rakyat dan malamnya pentas seni.

Dan Sabtu besok (bertepatan dengan sabtu budaya) rutininas senam Gemargatra dan dilanjutkan dengan permainan budaya lokal dan rangkaian kegiatan kemah pendidikan, dan akan ditutup secara resmi oleh Kepala sekolah SMK Negeri 4 Kota Bima


















EmoticonEmoticon