Sabtu, 11 September 2021

Silaturrahmi Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Kota Bima dengan Orang Tua/Wali Siswa dan Pemilihan Pengurus Komite Periode 2021-2024

 


Salah satu piranti kemitraan lembaga pendidikan (sekolah) dengan pihak luar adalah membangun sinergisitas hubungan dengan orang tua peserta didik. Dalam hal ini, SMK Negeri 4 Kota  Bima yang berada ditengah-tengah Kelurahan  Kolo menggelar sebuah acara silaturahmi kepala sekolah yang baru, Bapak Muhammad Suhud, S.Pd, yang dirangkaikan dengan pemilihan pengurus komite periode 2021-2024. Kegiatan yang berlangsung di aula bengkel APHPi SMK Negeri 4 Kota Bima, yang dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Dikbud Bima dan Kota Bima dalam hal ini diwakili oleh Pengawas Pembina SMK Negeri 4 Kota Kota Bima, orang tua/wali seluruh siswa SMK Negeri 4 Kota Bima, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita, tokoh pemuda dan seluruh guru dan pegawai SMK Negeri Kota Bima, (Sabtu, 11 September 2021).

Dalam sambutannya, Bapak Muhammad Suhud, S.Pd, menyampaikan ucapan,” terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu orang tua/wali siswa, dan mohon ijin kepada seluruh masyarakat Kolo agar kehadiran saya di SMK Negeri 4 Kota Bima bisa diterima sebagai bagian dari keluarga, dan saya mohon partisipasi dan dukungan bapak dan ibu agar SMK Negeri 4 Kota Bima yang kita banggakan ini, bisa bersaing dengan sekolah yang lain,”ungkap kepala sekolah sekaligus memperkenalkan  profil diri dan keluarganya.

Lebih lanjutnya dikatakannya,” mohon berkenan sedikit saya ingin menyampaikan, visi dan misi SMK Negeri 4 Kota Bima yang kami rumuskan bersama sebagai patron dalam mengembangkan sekolah dengan visinya SMK Negeri 4 KOTA BIMA “BERTALENTA” (Bertaqwa, Unggul, Energik, Enterpreneur dan Trampil), dengan visi besar ini, kami mencoba menerapkan kepada anak didik, salah satu contoh bagaimana memberikan nilai-nilai religius seperti pada saat ini, kami selalu melakukan sholat zhuhur berjamaah bersama siswa dan setelah itu ada siraman rohani, dari guru agama. Begitupun dengan nilai keunggulan dari siswa baik aspek pengetahuan maupun keterampilannya, salah satu contoh baru-baru ini, anak dari bapak dan ibu atas nama Adril Shofihin, mendapatakan juara III LKS tingkat Propinsi NTB yang mewakili zona IV (Kab. Bima, Kota Bima,dan Kab. Dompu), dan kita merasa dengan prestasi yang diraih anak kita itu. Selain itu, kami ingin anak-anak didik kita memiliki energik dan semangat di dalam diri anak-anak kita untuk menempuh pendidikannya. Kami juga mencoba membangun jiwa kewirausahaan pada anak-anak sehingga kedepannya mereka bisa trampil dan teruji dan bersaing ketika berada di lingkungan kerjanya. Oleh karena itu, kami sudah membuat sebuah master plan di sebelah timur bengkel APHPI ini, kami sudah memulai membuat sekat kolam besar dan dan disekelilingnya ada berugak-berugak tempat tamu untuk menikmati santapan ikan lele, ini bagian dari eduwisata kuliner”kata Pak Suhud panggilan akrab kepala sekolah.

“Adanya eduwisata kuliner ikan air tawar di SMK Negeri 4 Kota Bima, memberikan warna yang lain ketika tamu hadir di kolo bukan hanya kita suguhkan ikan laut tapi ada juga suguhan produk ikan air tawar terutama ikan lele dan nila, melalui konsep ini kami di SMK Negeri 4 Kota Bima meminta dukungan dan kerjasama yang baik dari bapak dan ibu orang tua siswa agar diberikan akses untuk selalu menjalin komunikasi yang harmonis agar SMK negeri yang kita banggakan ini, menjadi mercusuar bagi generasi kedepannya,”harapnya penuh optimis dan mengakhiri sambutan pertamanya di depan orang tua siswa.


Selanjutnya, pengawas pembina SMK Negeri 4 Kota Bima Drs. H. Muhammad saleh, S.Pd dalam dalam sambutannya, mengatakan,” terima kasih, dan saya setelah menyimak apa yang disampaikan oleh kepala sekolah, bagaimana membangun SMK negeri 4 Kota Bima dengan konsep yang jelas dan tertuang di dalam Visi Misi sekolah, apa yang kita dengar tadi rasanya, sungguh sebuah ide brilian, dan saya yakin kehadiran kepala sekolah akan memberikan warna dan perubahan yang baru terhadap sekolah ini, bahkan tadi saya melihat master plan, pembangunan eduwisata, luar biasa untuk pembelajaran anak-anak didik kita, dan tidak mungkin kepala sekolah ini mampu mensukseskan konsep besar itu tanpa dukungan bapak dan ibu, artinya peran dan keterlibatan bapak dan ibu sebagai orang tua siswa sangat diharapkan,” ujarnya penuh semangat.

Dikatakannya lagi,” sebagai pengawas pembina SMK Negeri 4 Kota Bima, saya akan selalu hadir di sekolah dalam rangka membantu memberikan masukan yang sifatnya membangun tentunya, untuk pengembangan kedepannya. Silaturahmi yang diselenggarakan ini, yang akan dirangkaikan dengan pemilihan pengurus komite SMK Negeri 4 Kota Bima periode 2021-2024, sesuai undangan yang saya terima, adalah momentum yang tepat membangun hubungan yang baik antara sekolah dan komite yang terbentuk nantinya, bukan hanya komite—seluruh stakeholder yang ada di sekitar sekolah adalah jembatan komunikasi untuk menjalin kemitraan dengan satu tujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter baik, bagaimana SMK Negeri 4 Kota Bima menjadi pilot bagi sekolah-sekolah yang lain, hal ini bisa terwujud dengan dukungan dan kerjasama dari orang tua/wali siswa yang akan terbentuk dalam komite sekolah,”harap H. Saleh sapaan akrabnya.




Kesempatan terakhir, ketua komite SMK Negeri 4 Kota Bima Abdul haris, menyampaikan,”terima kasih, atas waktu yang diberikan, dan ucapan selamat datang kepada pengawas pembina dan kepala sekolah yang baru, berbicara peran komite, jujur selama ini kita tahu bersama bagaimana sejarah SMK Negeri 4 Kota Bima berdiri, bersama dengan guru-guru yang ada di sekolah kami selalu memohon bantuan, sebelum SMK Negeri 4 Kota Bima diambil alih oleh propinsi, kami selalu mendorong pemangku kebijakan saat itu untuk memberikan bantuan fisik kepada SMK Negeri 4 Kota Bima dan alhamdulillah sekarang, begitupun upaya kita memagari sekolah di depan mulai dari ujung SMP sampai ujung timur, kita sudah upayakan, kita dikomite tidak digaji, kita bekerja ikhlas, bagaimana anak-anak kita mejandi anak-anak yang dibanggakan, oleh karena itu kita selaku komite selalu mengawasi anak-anak agar tidak bolos dan memberikan pengertin kepada orang tuanya. Karena kita tahu, itu adalah bagian dari tanggung jawab komite, harapan saya, bagi yang terpilih nantinya agar memiliki niat yang tulus untuk membangun SMK Negeri Kota Bima yang kita banggakan ini,” ujar Iklim sapaan akrabnya dan mengakhiri sambutannya.

Setelah berakhirnya sambutan ketua komite, sesi acara silaturahmi kepala sekolah yang baru pun berakhir dan untuk sesi keduanya yaitu pemilihan pengurus komite SMK Negeri 4 Kota Bima periode 2021-2024. Karena sesi yang berbeda akan ada panitia yang memandu jalannya proses pemilihan sesaat setelah cofee break. (humassmkn4kobi)






EmoticonEmoticon