Jumat, 13 Agustus 2021

Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Kota Bima—Provinsi NTB

 


Pelaksanaan serah terima jabatan kepala sekolah SMK Negeri 4 Kota Bima yang bertempat ruangan bengkel APHPi SMK Negeri 4 Kota Bima, berlangsung pada Hari Jum’at, 13 Agustus 2021, dari kepala sekolah lama : Drs. Faturrahaman, M.Ak—kepada kepala sekolah baru : Muhmmad Suhud, S.Pd. Hadir pula dalam acara tersebut; Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi NTB Bapak Jaka Wahyana, S.Pd, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bimadan Kota Bima Provinsi NTB, Bapak Drs. Anwar, SH, Kepala Seksi GTK Cabang Dinas Bima dan Kota Bima Provinsi NTB, Dr. Salahudin, M.Pd, Koordinator Pengawas SMK/SMA Kota Bima, Drs. H. Syahbudin, Pengawas pembina SMK Negeri 4 Kota Bima, Drs. H. Muhammad Saleh, S.Pd, Ketua Komite SMKN 4 Kota Bima Abdul Haris dan Bapak—Ibu guru SMK Negeri 4 Kota Bima.


Acara yang berlangsung cukup khidmad, diawali dengan pembacaan Qalam Ilahi yang dilantunkan oleh siswa SMKN 4 Kota Bima, Hendi Purwanto kelas XII NKPI, kemudian untuk berkahnya acara, pembacaan do’a yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Muhammad saleh, S.Pd.


Drs. Anwar, SH, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bima dan Kota Bima Provinsi NTB dalam sambutannya menyampaikan,” ucapan salam dan selamat datang kepada Bapak Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, ikut hadir bersama kita mengikuti kegiatan  serah terima jabatan dari kepala sekolah lama kepada kepala sekolah baru,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya,” persolaan mutasi adalah hal biasa dalam struktur dan hirarki kepegawaian dalam rangka melakukan penyegaran, ini berlaku juga bagi mutasi dan rotasi kepala sekolah SMK/SMA yang ada pada lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB. Namun ada juga sebagian orang, ketika sudah mendapatkan giliran untuk dimutasi dan rotasi, ia enggan untuk untuk meninggalkan jabatanya itu. Sepanjang pemahaman kita bahwa jabatan atau tugas apapun—itu adalah sebuah amanah, saya yakin kita akan menerimanya dengan hati yang ikhlas demi sebuah tugas yang mulia—untuk dunia pendidikan yang lebih baik,” ungkap mantan kepala Samsat Kota Bima.

Harapannya,” kepada kepala sekolah baru yang sebentar lagi akan diserahterima, agar melanjukan program-program sekolah dengan langkah-langkah strategis, membangun komunikasi yang baik, membangun kekompakan bersama guru-guru dan bekerja sama dalam mengembangkan seluruh potensi yang ada sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing. Tanpa support ataupun dukungan bapak-ibu guru yang ada di SMK Negeri 4 Kota Bima, mustahil, kemajuan sekolah yang diharapkan bisa terwujud. Oleh karena itu, integritas dan tanggung jawab  dari semua komponen sekolah adalah pasword untuk membuka pintu sekolah yang bermartabat. Dan kepada kepala lama, Drs. Faturrahman, M.Ak, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas dedikasinya selama memimpin SMK Negeri 4 Kota Bima yang sudah cukup lama 8 tahun lebih, dan sekarang mendapatkan tugas baru sebagai kepala SMK Negeri 1 Monta Kabupaten Bima Provinsi NTB, dan semoga tetap optimal membangun sekolah, merangkul guru-guru dengan baik, membangun komunikasi pada warga sekolah dan stakehoulder,” harap pak Anwar yang dikenal ramah dan hamble.

  

Pada sambutan kedua Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Bapak Jaka Wahyana,S.Pd, mengawali sebuah cerita,” Bapak saya seorang kepala sekolah, beliau menggunakan sepada ontel untuk berangkat ke sekolah, beliau memanfaatkan waktu, ketika melihat ada lahan sekolah yang masih kosong, ia menanami apa saja, beliau membuka bajunya, lalu mencangkul sendiri: menanam pohon-pohon yang berbuah atau bunga-bunga. Apa yang saya tangkap dari pengalaman bapak saya ini yakni ketulusan dan keikhlasan menjalankan suatu tugas. Pada momen-momen mutasi dan rotasi ini pun, landalan tulus dan ikhlas menjadi sikap utama. Kalau itu sudah menjadi perisai hidup, dalam menjalankan amanah tugas menjadi kepala sekolah yang diembankan kepada kita—akan menjadi simpel: adil dan menjadi pelayan. Karena apa? kita tidak akan menjadi terbebani dengan sesuatu yang menjadi tugas kita. Pernahkan kita berpikir bahwa jabatan itu adalah yang kekal? Tentu tidak. Dan kita harus ingat takdir Tuhan adalah yang menentukan. Kita menikmati amanah ini dengan biasa-biasa saja, dengan landasan ikhlas dan tulus. Dan harapanya kepada kepala sekolah yang baru atau yang lama, untuk melakukan open manajemen,” ungkapnya dengan  senyum pada setiap untaian kata—dan penuh keramahan.


Kepala sekolah lama, Bapak Drs. Faturrahman, M.Ak, mengatakan,” salam dan terima kasih, kepada seluruh warga sekolah SMKN 4 Kota Bima, apabila selama 8 lebih saya berada disini ada suatu yang mengganjal hati bapak ibu, pada momen yang berbahagia ini, saya menyampaikan permohanan maaf yang tulus,” ungkapnya dengan nada yang mengandung kesedihan karena berpisah warga SMKN 4 Kota Bima

Lebih lanjut dikatakanya,” Tentu saya merasa bersyukur juga bahwa saya masih di beri kepercayaan untuk menjadi kepala sekolah, walaupun lokasinya jauh yakni di SMK Negeri 1 Monta Kabupaten Bima, saya ikhlas dan tulus menerima amanah untuk menjalankan tugas, bahkan saya akan secepat mungkin untuk berangkat ke sana bergabung sama dan membangun  SMKN 1 Monta,” ucapnya penuh semangat.



Kemudian, Kepala Sekolah yang baru, Bapak Muhammad Suhud, S.Pd, mengatakan,” salam dan terima kasih, saya mengutip apa yang pernah disampaikan oleh sahabat nabi, Umar Bin Khattab, ketika menerima amanah menjadi seorang pemimpin, Inalilahi Wainalillahi Roziun, dengan hati yang tulus dan ikhlas saya menerima amanah ini. Mohon saya dibantu dan mari kita buat suasana di SMK Negeri 4 Kota Bima ini senyaman mungkin. Kehadiran saya di SMK Negeri 4 Kota Bima ini, kalo dalam filosofi bimanya: tuta di wangga, maru dilawili rabi kai rima artinya kebersamaan dan membersamai,” ungkap Pak Suhud mantan Kepala Program Keahlian bangunan pada SMK Negeri 2 Kota Bima.

Kemudian selanjutnya adalah penanda tanganan berita acara sekaligus serah terima jabatan kepala sekolah dari kepala sekolah lama Drs. Faturrahman, M.Ak kepada kepala sekolah baru Muhammad Suhud, S.Pd. yang menanda tangani berita acara serah terima ini adalah Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bima dan Kota Bima Provinsi NTB, Drs. Anwar, SH, Pengawas pembina Drs. H. Muhammad Saleh, S.Pd, Kepala sekolah lama Drs. Faturrahman, M.Ak, dan Kepala sekolah baru Muhammad Suhud, S.Pd. (humassmkn4kobi_asikin.s.pi)



1 komentar


EmoticonEmoticon