Selasa, 03 Agustus 2021

General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora Roadshow To School SMK Negeri 4 Kota Bima

 


Sejak Gunung Tambora diakui sebagai Geopark Nasional Tahun 2017-- tim Geopark Tambora terus menerus melakukan pembenahan sesuai dengan konsep: geologi, biologi dan culture. Selain dari itu, hal yang paling penting adalah terus menerus menggalakkan promosi sebagai upaya memperkenalkan Geopark Tambora kepada masyarakat. Hal itulah yang menggerakkan naluri dari seorang pemuda--Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM,  yang sosoknya dipercaya oleh Gubernur NTB, DR. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc dengan memberinya amanah sebagai General Manager Geopark Tambora, pada Februari 2021. Tidak menunggu waktu lama Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM, langsung menancap gas sebagai konsekwensi tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Salah satunya adalah program Geopark Tambora Go To School. 

Safari Geopark Tambora Go To School yang  di mulai dari : SMKN 2, SMKN 3, SMAN 2, SMAN 4, SMKN 1 dan SMKN 4 Kota Bima dan akan melanjutkan lagi ke Kabupaten Dompu dan Tambora.

Sesuai dengan jadwal yang diterima oleh SMKN 4 Kota Bima bahwa Bapak Ir. Hadi Santoso, ST, MM,IPM, berkunjung pada Hari Selasa Tanggal 3 Agustus 2021. Kegiatan dilaksanakan di luar ruangan yakni di lapangan (berhubung karena masih dalam suasana pandemik covid-19), adapun pesertanya: seluruh siswa-siswi dan bapak ibu guru SMK Negeri 4 Kota Bima, saat kegiatan berlangsung semua peserta tetap menjalankan protokol kesehatan.

Wakasek urusan Humas, Asikin, S.Pi, selaku MC mengucapkan," selamat datang Bapak Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM, atas kunjungannya ke SMK Negeri 4 Kota Bima, kemudian lanjutnya, menyampaikan agenda Geopark Tambora kepada peserta dan tak lupa menceritakan sedikit profil tentang sosok Pak Hadi (panggilan akrabnya)," ungkapnya kepada siswa yang sudah duduk lesehan dengan rapi.



Selanjutnya, MC memberikan kesempatan kepada kepala sekolah Drs. Faturrahman, M.Ak untuk menyampaikan sambutan. Dalam sepatah dua katanya, kepala sekolah mengatakan," selamat datang di SMK Negeri 4 Kota Bima Bapak Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM dan menyampaikan kepada anak-anak bahwa Pak Hadi yang ada ditengah-tengah kita sekarang ini adalah sosok yang sukses di usia muda, dan beliau juga saat ini adalah staf khusus gubernur NTB, sekaligus diberikan amanah juga sebagai General Manager Geopark Tambora oleh karena itu, saya minta kepada semua peserta untuk menyimak apa yang disampaikan oleh beliau nantinya dan semoga memberi motivasi bagi kalian semuanya," ucapnya mengakhiri sambutannya.

Saat yang ditunggu-tunggu oleh peserta adalah penyampaian General Manager Geopark Tambora, Ir. Hadi Santoso, ST, MM, IPM, Setelah MC memberikan kesempatan kepada beliau.

Dengan langkah yang sigap, setelah memegang mic, Pak Hadi dengan sikapnya yang ramah, menyapa siswa siswi dan membagi ceritanya. Memulai tentang kisahnya, ia mengatakan," adik-adik sekalian, tidak ada sesuatu di dunia ini yang sukses dengan instant, semua butuh proses, termasuk saya membangun usaha memulainya dari nol, bahkan sebelum saya menjadi pengusaha, dulu saya pernah menjadi jurnalis bersama dengan Pak Asikin, setelah itu membangun usaha di bidang komputer, dan saya pernah menjadi Dosen dan sekarang Alhamdulillah diberi amanah oleh Gubernur NTB, untuk menjadi General Manager Geopark Tambora pada Februari 2021," ungkap Pak Hadi menceritakan sedikit kisahnya kepada siswa yang saat itu benar-benar antusias menyimaknya



Selanjutnya, ia mengatakan," adik-adik, apapun yang kita lakukan dengan sepenuh hati dan kecintaan pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Pernah dengar seorang pemilik Apple Computer Company Steve Jobs? tanyanya kepada siswa, ditanya seperti itu siswa diam dan silahkan Googling di HP, dengan serempak siswa menjawab, tidak boleh bawa HP! Pak Hadi menyambutnya dengan tertawa. Ia pun melanjutkan, "Steve Jobs, tidak akan bisa menghasilkan produk Apple yang berkualitas sampai saat ini tanpa membangun komitmen sikap pada dirinya dan orang lain. Apa saja itu? Nah adik-adik sekalian, yang pertama itu adalah care (peduli), kita harus memiliki sikap peduli terhadap apa saja yang menyangkut tugas dan tanggung jawab kita, peduli tanpa memberikan rasa cinta, sama saja bohong, artinya kepedulian kita karena rasa cinta bukan karena embel-embel, Pak Hadi memberikan pertanyaan kepada siswa: "Monas itu di mana?", Jakarta Pak, "jawab siswa serentak. 'Kalo Borobudur?" Jawab Tengah," jawab siswa sebagian. "Pantai kute?", Di Bali Pak, jawab siswa. Nah, "Kalo Geopark Tambora? Ada siswa sebagian yang jawab di Tambora, ada yang jawab di Pulau  Sumbawa. 

"Kenapa saya tanyakan itu kepada adik-adik? kita tahu bahwa pada setiap daerah yang memiliki destinasi wisata, partisipasi masyarakatnya sangat besar, misalnya rasa kepeduliannya, rasa kecintaannya sehingga tidak heran, banyak sekali orang-orang yang berkunjung ke tempat itu, kalau sudah demikian akan berpengaruh kepada peningkatan pendapatan masyarakat. Seperti itulah harapannya untuk memajukan daerah wisata," ungkap Pak Hadi memberi pemahaman kepada siswa.

Pak Hadi melanjutkan lagi," nah, adik-adik, kita sangat beruntung memiliki sebuah Taman Nasional Geopark Tambora yang  sudah sangat mendunia, tahu nggak dahsyatnya letusan gunung Tambora pada 1815 membuat iklim dunia berubah, bayangkan selama 2 tahun Negara Eropa tidak mendapatkan sinar matahari, semua tumbuh2han dan hewan banyak yang mati, bahkan seorang panglima perang Napoleon Bonaparte kalah dalam perang karena banyak prajuritnya yang mati kelaparan--dan efek dari abu vulkanik itu pula yang membuat orang menciptakan alat transportasi yang namanya sepeda pada Tahun 1817," ungkap Pak Hadi mengupas efek dari meletusnya Gunung Tambora.



Adik adik sekalian, lanjut Pak Hadi, kalian generasi sekaranglah yang akan menjadi tumpuan harapan untuk membangun negeri ini, terlebih untuk memajukan daerah kita masing-masing, dengan cara apa? tidak bisa hanya berpangku tangan, harus belajar dengan tekun dan jangan minder, dan harus memilki kepercayaan diri yang kuat untuk bisa meraih apa yang dicita-citakan. Semoga dengan momen safari Geopark Tambora go to school ini, memberikan informasi yang bermanfaat, menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaan  terhadap tugas dan tanggung jawab adik-adik sebagai generasi penerus" harap Pak Hadi kepada siswa-siswi  dan sekaligus mengakhiri kegiatan  Roadshownya di SMK Negeri 4 Kota Bima. (humasesemkaempatkobi)





EmoticonEmoticon