Senin, 14 Juni 2021

Ketua Kompetensi Keahlian NKPI, APAT , APHPI dan TITIL Melakukan Sosialisasi Kepada Calon Peserta Didik Baru (PPDB)

 

SMK Negeri 4 Kota Bima, Senin 14 juni 2021 menerima calon peserta didik baru Tahun Pelajaran 2021-2022. Ketua Panitia PPDB, Zulfikar, S.pd, mengatakan,” untuk sementara Panitia PPDB SMK Negeri 4 kota bima telah menerima pendaftaran calon peserta siswa baru sejumlah 71 orang, dari 71 orang pendaftar ini, lebih didominasi oleh tamatan dari SMPN 10 Kota Bima yang berlokasi di Keluruhan Kolo, dan ada juga yang dari Tambora, sekaligus kami menyampaikan laporan kepada kepala sekolah,” ucapnya di depan Kepala Sekolah, Ketua Kompetensi Keahlian dan calon peserta didik baru yang sudah berdiri dengan sigap di lapangan upacara untuk mendengarkan sosialisasi masing-masing dari ketua  Kompetensi Keahlian dan pembukaan kompetensi keahlian yang baru yakni Tekhnik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

 

Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Bima, Drs. Faturrahman, M.Ak, mengatakan,” terima kasih kepada Panitia PPDB yang sudah bekerja keras, sehingga proses penerimaan siswa tidak ada hambatan sampai pada acara sosialisasi ini,”ungkapnya di depan panitia dan calon peserta didik baru. “kepada calon peserta didik baru, SMK Negeri 4 Kota Bima pada Tahun Pelajaran 2021-2022 membuka kompetensi keahlian baru yaitu Tekhnik Instalasi Tenaga Listrik. Kompetensi Keahlian yang baru ini berdasarkan recofosing dari SMK Negeri 2 Kota Bima yang tahun ini tidak lagi membuka kompetensi keahlian ini, dan ini berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, sehingga memberikan peluang bagi SMK Negeri 4 Kota Bima untuk membuka kompetensi keahlian yang baru ini yakni TITL. Artinya SMK Negeri 4 Kota Bima untuk Tahun ini menjadi  4 (empat) Kompetensi Keahlian yakni NKPI, APAT, APHPI dan TITL. Untuk tenaga pengajarnya tidak usah khawatir, guru-guru yang ada di SMK Negeri  2 Kota Bima yang mengajar kompetensi TITL akan mengajar di SMKN 4 Kota Bima. Ini sekaligus saya sampaikan sosialisasi untuk Kompetensi  Keahlian TITL yang akan di buka di sekolah SMKN 4 Kota Bima.

 Secara bergilir masing-masing Ketua Kompetensi Keahlian akan melakukan sosialisasi kepada calon peserta didik baru (PPDB) yang akan memilih kompetensi sesuai dengan pilihan hatinya.

 

Pada kesempatan pertama Ketua Kompetesi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT), Aguslimin, S.pd, menyampaikan,” terima kasih kepada panitia dan untuk anak-anakku calon peserta didik baru, bahwa APAT telah teruji, yang pertama ada 3 (tiga) alumni SMKN 4 Kota Bima yang dulunya mengambil program keahlian APAT  dan sekarang telah bergabung di SMKN 4 Kota Bima menjadi guru. Kedua, dari semua Kompetensi Keahlian, alhamdulillah APAT mendapatkan akreditasi A, artinya kompetensi keahlian APAT baik dari sarana praktek maupun tenaga pengajar sudah teruji dan mendapatkan predikat profesional dan siap mencetak calon pelajar untuk menjadi generasi unggul untuk mengembangkan rekayasa dibidang budidaya perikanan, kami menjamin itu karena di APAT telah tersedia kolam besar (pembesaran), kolam pembenihan dan saran bengkel APAT sedangkan untuk lokasi prakteknya gampang dan terjangkau. Siapa lagi yang  akan memajukan kolo, kalau bukan dari kalian sebagai generasi kolo, oleh karena itu mari bergabung di APAT untuk memajukan dunia rekayasa di bidang budidaya perikanan air tawar,” harap Pak Agus penuh semangat mengakhiri sosialisasi Kompetensi Kehlian APAT.

 

Selanjutkan pada kesempatan kedua, oleh Ketua Kompetensi  Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPI), Ikran, S.Pd, mengatakan,” untuk anak-anakku calon peserta didik baru, bahwa Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPI) menampung hasil penangkapan dari Kompetensi NKPI dan hasil budidaya dari APAT, siap untuk diolah artinya APHPI dalam kegiatan pembelajarannya mengolah ikan menjadi: bakso ikan, nughet , abon dan olahan yang lain untuk menjadi produk yang dikemas secara profesional untuk dipasarkan kepada konsumen. Dan APHPI melatih calon siswa baru menjadi enterpreneurship (wirausahawan) sehingga kedepannya siswa bisa mandiri untuk mengasilkan produk olahan ikan dengan varian-varian yang baru dan penuh inovatif, oleh karena itu mari bergabung dengan aphpi untuk mewujudkan dan mencetak generasi-generasi wirausaha,” ungkapnya penuh harap.

 


Kesempatan terakhir Ketua Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Yusran, S.Pi, ANT III, mengatakan,” terima kasih atas waktu dan kesempatannya, dan sebelum menyampaikan apa itu NKPI, ia menyemangati siswa dengan yel-yel semangat, kemudian melanjutkan dengan penyampaian informasi tentang kompetensi keahlian NKPI. Untuk bisa memilih Kompetensi Keahlian NKPI ada syarat yang yang harus dimilki oleh calon siswa, karena semua peserta didik akan dibimbing, dibina dan akan dikader layaknya semi militer, karena ini penting terutama lebih khusus pada Kompetensi Keahlian NKPI, sebab di atas kapal kalian akan menjadi calon nakhoda, sehingga dibutuhan kedisiplinan fisik harus kuat, mental pun demikian dan perlu kalian tahu salah satu persyaratan secara fisiknya adalah  tinggi badan 158 cm dan diharapkan pada kelas XII nya nanti akan bertambah menjadi 160 cm, ini adalah syarat untuk bisa mengikuti magang ke Jepang. SMK Negeri 4 Kota Bima sudah terbukti  dan sampai saat ini alumni SMK Negeri 4 Kota Bima masih ada yang berkerja di kapal penangkap ikan setelah masa kontraknya 3 (tiga) tahun. Itulah sebabnya untuk yang di NKPI, harus memenuhi syarat tersebut. Oleh karena itu, yang sudah memenuhi syarat masuk di Kompetensi Keahlian NKPI mulai sekarang mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Untuk sarana praktek NKPI sudah lengkap dan tersedia di bengkel NKPI dan kapal latih SMKN 4 Kota Bima sudah siap berlayar bersama kalian ” ungkap Pak Yusran yang sekaligus Nakhoda Kapal Latih mengakhiri sosialisasinya.




EmoticonEmoticon