Rabu, 31 Mei 2023

SMK Negeri 4 Kota Bima, Gelar Panen Karya projek penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

 


Memasuki akhir semester genap Tahun Pelajaran 2022_2023, SMK Negeri 4 Kota Bima menggelar karya, projek penguatan Profil  Pelajar Pancasila (P5), Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayan Bima dan Kota Bima Ibu Siti Maryatun, MM,  Pengawas Pembina Bapak Fathus Syakir, M.Pd bersama Koordinator Pengawas SMK Kota Bima Bapak Drs. Usman Syam, dan  rombangan Pengawas SMK Kota Bima Bapak Drs. H. Muh. Saleh, S.Pd, dan Bapak Mujiburrahman, M.Pd, Kepala SMK Se Kota Bima, (Ratnah, M.Pi Kepsek SMK 1 Kobi, Jainudin, S.Pd Kepsek SMK 3 Kobi, Faturrahman, ST Kepsek SMK 2 Kobi, Abdul Hamid, S.Pt Kepsek SMKPP Kobi) Bima, Kepala Dinas Kelautan dan Kota Bima, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. NTB dan rombongan Ketua Komite, Orang Tua Peserta didik, guru SD dan SMP yang ada di kelurahan Kolo, Dewan Guru dan Pegawai SMKN 4 Kota Bima, dan tentunya peserta didik Kelas X dari 3 kompetensi Keahlian.


Kepala SMKN 4 Kota Bima Muhamad Suhud, S.Pd, dalam sambutannya mengatakan," terima kasih atas bekenan menghadiri kegiatan gelar karya P5 di sekolah kami, sengaja kami mendesain tempat kegiatan pas di sepanjang jalan masuk ke sekolah, kerena memanfaatkan kerindangan pohon sepanjang jalan ini, biar tampil beda dan inshaAllah akan selalu sejuk walaupun pada kondisi siang hari panas," ungkap Pak Suhud dengan senyumnya. 


Beliaupun melanjutkan, bahwa kegiatan yang gelar karya ini adalah untuk kedua kalinya yaitu pada semerter genap ini, dengan tema kebhinekaan, nah karena kebhinekaan ini, menyesuaikan dengan kompetensi keahlian terutama pada APHPi yang pengolahan hasil perikanan, ada APPAl yang menyuguhkan benih ikan,  bahkan sampai pada pengolahan dan NKPI menyajikan sebuah sampan yang terbuat dari fiber glas, miniatur alat tangkap, miniatur kapal, dan lampu celup, jelasnya 


Beliau menambahkan, sekaligus melaporkan kepada KCD bahwa kelas XI NKPI saat ini sedang melaksanakan PKL di Pati Jawa Tengah. 


Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bima dan Kota Bima, Ibu Siti Maryatun, MM, dalam sambutannya, saya menyampaikan terima kasi dan memberikan penghargaan yang pantas kepada SMK N 4 Kota Bima terutama peserta didik yang menghasilkan produk sehingga hari ini kita dapat menyaksikan gelar karya P5," ungkapnya dengan senyum penuh bangga 


Beliaupun menjelaskan," gelar karya P5 adalah penghargaan yang sangat bergengsi dalam dunia pendidikan dan kebudayaan. Ini adalah prestasi yang menunjukkan keahlian, dedikasi, dan inovasi dalam bidang yang luas. Melalui gelar ini, peserta didik telah membuktikan bahwa mereka mampu menghasilkan kontribusi yang berarti dan berkelanjutan bagi kemajuan pendidikan dan kebudayaan. 


Pendidikan dan kebudayaan adalah sektor yang memainkan peran kunci dalam pembangunan masyarakat dan negara. Gelar karya P5 merupakan pengakuan atas upaya terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memperkaya kehidupan budaya, dan mempromosikan pemahaman lintas budaya. Peserta didik telah menunjukkan dedikasi yang tak tergoyahkan terhadap tujuan-tujuan tersebut,"jelas Ibu Atun Panggilan akrabnya 


Saya mengucapkan selamat kepada peserta didil dan dapat menggelar karya P5. Prestasi yang kalian raih adalah hasil dari kerja keras, semangat, dan komitmen yang luar biasa. 


Saya berharap bahwa gelar karya P5 akan terus menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan memelihara keanekaragaman budaya. Mari kita lanjutkan perjalanan ini bersama-sama, bekerja sama, dan saling mendukung dalam memajukan sektor penting ini, oh ya luar biasa lagu mars SMKN 4 Kota Bima tadi," Ungkapnya mengakhiri sambutannya 


Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, Ir. H. Sarafuddin, MM, memberikan sambutannya, terima kasih kepada SMK Negeri 4 Kota Bima, SMK Kelautan yang selama ini menjadi mitra dalam mengembangkan potensi perikanan, terutama peningkatan kompetensi peserta didik dalam mengenal bagaimana potensi perikanan, sebagai leading sektor yang bergerak di bidang kelautan perikanan, kami berupaya semaksimal mungkin untuk membantu terutama menyediakan tempat sebagai PKL peserta didik, selain dari itu kami memberikan rekomendasi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi terutama di STP Jakarta, nah tahun ini ada 2 orang yang dari kolo kita berikan rekomendasi untuk kuliah di STP Jakarta (gratis) berdasarkan kriteria bahwa anak itu adalah anak nelayan," Jelas H. Saraf panggilan akrabnya dan mengakhiri sambutannya 


Setelah itu sebagai hiburan, peserta didik menampilkan beragam tarian kreasi nusantara, tarian khas daerah dan pembacaan puisi. 


Dan memasuki acara intinya adalah fasiyon show dari 3 kompetensi keahlian yaitu peserta didik NKPI dengan memakai kostum kedaerahan yaitu memperlihatkan produknya sebuah sampan, miniatur alat tangkap, miniatur kapal, lampu celup. Setelah itu, peserta didik APHPi dengan ragam kostum daerah menunjukan kebhinekaan dengan membawa hasil olahan dari ikan. Baru terakhir APPAL, menunujukan benih ikan lele, nila dan ikan ukuran sedang yang dalam proses pembesaran yang dimasukan kantong plastik. 


Setelah peragaan itu semua undangan mengunjungi stand masing² kompetensi keahlian. Yang banyak dikunjungi adalah APHPi karena di sana banyak sekali olahan ikan yang siap saji. Dan undangan pun menikmati hasil produk TEFA anak_anak (humasSMKN4Kobi)


#NTBGemilang

#GemilangKarya

#DikbudNTB

#SMKN4Kobi

#SMK_PK

#Bertalenta

#Bintara_Bangkolo

#GelarKarya

#P5


EmoticonEmoticon