Sabtu, 05 Februari 2022

Sabtu Budaya : SMK Negeri 4 Kota Bima Launching "Unit Produksi dan Jasa"



Kali ini tampilan peserta didik SMK Negeri 4 Kota Bima pada Sabtu Budaya, 5 Februari 2022 : tari dengan kostum "tembe nggoli dan pencak silat. Kegiatan tersebut difokuskan pada panggung ekspresi. 


Pagelaran sabtu budaya sebagai upaya mendidik peserta didik untuk meningkatkan kepekaan : sikap, rasa peduli, kebersamaan dan menggali potensi² yang terpendam : minat dan bakat. 


Adanya pangggung ekspresi yang diinisiasi oleh bapak kepala sekolah Muhammad Suhud, S.Pd pada saat awal² beliau dilantik dan diserah terima jabatan pada Agustus 2021, disambut baik oleh warga sekolah dan kini panggung ekspresi tersebut menjadi medium yang representatif untuk kegiatan² ekskul bagi peserta didik. 


Disamping suguhan² kreatifitas peserta didik, sabtu budaya kali ini ada yang beda sekaligus menjadi tagline utama: 


"Launching gerai unit produksi SMK Negeri 4 Kota Bima dengan nama UPJ MARITIM" 


Pada awal bulan januari 2022, Kepala SMK Negeri 4 Kota Bima, telah mensyahkan pengurus UP SMK Negeri 4 Kota Bima dengan komposisi : sebagai Ketua Bapak Muhammad Syauki, ST, Sekretaris Ibu Yuyun Wahyuni Ramdhani, M.Si dan Bendahara Ibu Widayanti, S.Pi 


Step by step, perlahan tapi pasti. Dengan memanfaatkan sebuah ruangan yang menyatu dengan bengkel NKPI dan ruanganya bersebelahan dengan ruangan kepala bengkel NKPI. Dengan pintu rolling door yang menghadap ke selatan membuat ruangan itu representatif dan berada di tengah-tengah artinya jangkauan untuk peserta didik baik arah barat dan timur sangat presisi. 


Pemanfaatan ruangan UPJ di bengkel NKPI itu tidak mengganggu kegiatan yang ada bengkel. Di ruangan terdapat 1 unit etalase sebagai tempat untuk menyimpan berbagai produk. Tampak di dinding 3 buah banner yang tertulis produk unggulan dari masing² kompetensi keahlian : NKPI, APHPi dan APAT. Karena pondasi pada bangunan itu tinggi, dibuatkan tangga untuk memudahkan naik ke atas ruangan UPJ. 


Depan ruangan UPJ di kiri kanannya terdapat payung/tenda dengan gradasi warna yang menarik sebagai bagi tempat menunggu bagi pengunjung. 


Lauching UPJ Maritim SMK Negeri 4 Kali ini langsung diresmikan oleh Bapak Pengawas Pembina Bapak Abbas, M.Pd dengan ditandai dengan pengguntingan pita dan didampingi oleh Bapak Kepala Sekolah Muhammad Suhud, S.Pd dan Ketua Komite Bapak Abdul Haris alias Iklim. Dan Semua warga sekolah ikut merayakan Launching UPJ Maritim SMK Negeri 4 Kota Bima. 


Dalam pengakuannya, pengawas pembina Bapak Abbas, M.Pd, merasa bangga dengan launching UPJ Maritim, dengan adanya UPJ ini memotifasi kompetensi² keahlian untuk terus melakukan inovasi produk dan harapannya kehadiran UPJ sebagai indikator bahwa bahwa SMK Negeri 4 Kota Bima mampu meningkatkan jiwa² enterpreneur. 


Pada kesempatan yang sama pun kepala sekolah Bapak Muhammad Suhud, S.Pd, salah satu langkah stategis dalam menyongsong kemandirian SMK Negeri 4 Kota Bima, kehadiran UPJ sangat besar peranannya, disamping sebagai media untuk mendistribusikan hasil produk peserta didik, dari masing² kompetensi kehalian, UPJ pun akan menjadi episentrum inovasi untuk kemajuan sekolah dan yang paling penting  UPJ adalah piranti dari rantai dari produk. 


Dengan nada yang sama Ketua Komite ikut merasa bangga atas launching UPJ Maritim SMK Negeri 4 Kota Bima, pernyataannya ini diakuinya saat beliau mencicipi hasil aneka produk yang dibuat peserta didik.


Komandan Unit Produksi dan Jasa Maritim SMK Negeri 4 Kota Bima, Bapak Muhammad Syauki, ST, dalam mepersiapkan launching ini mengatakan," terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang telah mempercayakan kepada kami, dalam mengelola UPJ Maritim SMK Negeri 4 Kota Bima ini, kegiatan ini tidak akan berjalan sukses tanpa ada dukungan seluruh warga sekolah. Hadirnya UPJ ini akan memberikan warna yang baru bagi SMK Negeri 4 Kota Bima dan sebagai media yang akan bersinergi dengan semua pihak baik itu dilingkungan sekolah lebih-lebih di luar lingkungan sekolah, inshAllah UPJ Maritim akan berusaha secara optimal agar UPJ maritim bisa bersandar ke pelabuhan yang dituju dan dalam perjalanannya pun UPJ Maritim akan tetap berdiri setegak karang ketika ombak dan gelombang menerjang. Tapi yakinlah sepanjang kita memilki niat baik, cahaya kebaikan akan selalu bersinar," kata Pak Uki panggilan akrabnya, meyakinkan UPJ Maritim akan berkembang.


#NTBGemilang

#DikbudNTB

#GemilangKarya

#SMKHebatBisa

#SMKN4KotaBima

#Bertalenta

#Asipasaka

#LauchingUnitProduksiMaritim

#JalesVevaJayeMahe

1 komentar

Mantaaappp SMKN 4 Kota Bima BERTALENTA


EmoticonEmoticon