Rabu, 25 Agustus 2021

Siswa APAT, Melaksanakan Praktek Mapel: Panen dan Pasca Panen


Salah satu kompetensi keahlian: agribisnis perikanan air tawar (APAT) yang ada di SMK Negeri 4 Kota Bima memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pusat pembenihan lele. Ini, kalau dilihat dari daya dukung--lahan (kolam pembesaran dan kolam pemijahan),--sarana bengkel yang repsentatif. Kenyataan ini pula yang diyakini dan diakui oleh petugas (tekhnisi dari BBI Matua Dompu) pada saat awal tahun kemarin saat diundang menjadi tim penguji eksternal untuk Ujian Kompetensi APAT awal 2021. Harapan tim penguji kemarin akan membantu pengembangan kompetensi keahlian APAT , karena setiap tahun siswa SMK Negeri 4 Kota selalu mendapatkam predikat nilai yang baik saat menjalani praktek kerja industri  dan sudah lama bekerja sama dengan BBI Dompu.

Kompetensi keahlian APAT, yang dikomandani oleh Bapak Aguslimin, S.Pd, saat ditemui dibengkel APAT bersama siswa saat melakukan praktek mata pelajaran: panen dan pasca panen, Rabu, 25 Aguatus 2021, mengatakan," kegiatan yang dilakukan bersama siswa ini adalah salah satu bentuk penguatan skill siswa untuk penerapan langsung, bagaimana memanen ikan lele dan pasca panennya," ungkap Pak Agus sapaan akrabnya, yang sudah mendapatkan keahlian ganda empat tahun yang lalu, di jawa barat dan mendapatkan  penghargaan sebagai salah satu peserta terbaik saat mengikuti pendidikan dan latihan.

"Apa yang dilalukan oleh siswa APAT sekarang juga sebagai persiapan untuk terjun praktek kerja industri (prakerin), akhir bulan september," ungkapnya setelah selesai mendampingi siswanya dan sambil berjalan dengan mengangkat jempolnya dan senyumnya selalu menebar energi positif. 






















EmoticonEmoticon