Jumat, 13 Oktober 2023

JELANG AKHIR MASA JABATAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR NTB ZUL – ROHMI PROGRAM 11 GEMILANG KARYA DIKBUD NTB CAPAI TARGET

 


Dipenghujung  berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bapak DR. Zulkieflimansyah dan Ibu Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd pada September 2023 ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dengan program unggulannya yaitu 11 Gemilang karya yang disinergikan dengan visi NTB Gemilang telah memenuhi indikator dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan SMK –SMK yang yang ada di Wilayah NTB.

SMKN Negeri 4 Kota Bima yang memilki visi Bertaqwa, unggul, energik entrepreneur dan trampil (Bertalenta ) telah melaksanakan dan mewujudkan Program 11 Gemilang karya yang branding Dinas Pendidiian dan Kebudayaan Provinsi NTB tersebut yang terintergarasi dalam program sekolah.

Kepala SMKN 4 Kota Bima, Bapak Muhamad Suhud, S.Pd mengatakan,” Program 11 Gemilang Karya yang dicetus oleh Dinas Pendidikan dan Kubudayaan NTB merupakan program unggulan dan bagi SMK wajib melaksanakannya  sebagai role model pengembangan SMK yang berbasis IDUKA,” Ungkap Pak Suhud panggilan akrabnya.

Lebih lanjut dikatakanya, sejak dibranding Program 11 Gemilang Karya ini mendapat respon yang luar biasa dari satuan pendidikan di wilayah NTB, khususnya SMK. Sebagai SMK yang murni core kemaritiman, SMK Negeri 4 Kota Bima secara berkala melaksanakan Program 11 Gemilang karya ini. Adapun 11 Program Gimilang Karya yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan SMK Negeri 4 Kota Bima yang pertama, adalah  Refocusing konsentrasi keahlian dengan menetapkan 2 (dua) core atau bidang keahlian yaitu kemaritiman dan agribisnis dengan 3 (tiga) konsentrasi keahlian yaitu nautika kapal penangkapan ikan (NKPI, Agribisnis pengolahan hasil perikanan (APHPi) dan Agribisnis perikanan payau dan laut (APPAL).



Kedua, Bagaimana terbentuknya BLUD di SMK, untuk BLUD kami di SMKN Negeri 4 Kota Bima sudah mulai merintis terbentuknya BLUD dengan adanya unit produksi (UP) dan mengundang narasumber dari sekolah lain yang sudah memilki BLUD, yang akhirnya memberikan pemahaman kepada kami, bagaimana BLUD ini terbentuk bukan sim salabim tapi memakan waktu yang panjang, pengakuan narasumber 2 (dua) tahun berurusan dengan segala tetek bengek yang berkaitan dengan dokumen BLUD sebagai salah satu kriteri persyaratan.

Kemudian, yang Ketiga, paparnya lagi, yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL), karena PjBL ini yang terintegrasi dengan mapel, artinya ada produk yang dihasilkan dari ketiga konsentrasi keahlian seperti NKPI, APHPi dan APPAL.



Kemudian, yang Keempat, adalah Problemt Based Learning (PBL), karena ini PBL, untuk menghasilkna produk inovasi yang bernilai kewirausahaan ini, peserta didiknya yang terlibat bisa lintas konsentrasi keahlian, dan sistemnya by order.


Kelimanya adalah menghadirkan Guru tamu, karena ini memberikan wawasan baru bagi peserta didik tentang industry  dunia kerja, bagaimana budaya kerja di perusahaan. Guru tamu tentunya harus linier dengan konsentrasi keahlian yang ada di sekolah.


Selanjutnya yang Keenam adalah  magang guru karena SMKN 4 Kota Bima mendapatkan program SMK PK regular yang salah satu kegiatan adalah magang guru. Kesempatan ini tidak disia-siakan kami magangkan guru ke Jawa Tengah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru atau Upskilling.

Yang ketujuh adalah LSP, maksud dari LSP ini adalah ketika pada saat Uji Kompenti Keahlian (UKK) SMKN 4 Kota Bima jejaring dengan LSP KP SMKN 1 Alas sehingga UKK dilaksanakan dengan menggunakan LSP pada 2 Konsentrasi Keahlian dan kami sudah 2 (dua) tahun berturut – turut mengundang sebagai Asesor.

Program yang kedelapan yaitu BKK, yaitu sebuah lembaga yang dibentuk di sekolah memberikan pelayanan, informasi tentang lowongan kerja. Bagi SMKN 4 Kota Bima kami memberikan pelayanan kepada para alumni terakait dengan informasi lowongan kerja dan tetap kami sampaikan setiap tahunnya terutama tentang informasi yang linier dengan konsentasi keahliannya.

Kesembilannya,  adalah Link and Macth, dalam kemitraan dengan Iduka, SMKN 4 Kota Bima telah melakukan penandatangan MoU dengan PT. Mitra Bahari Indonesia

Dan yang terakhir kesepuluh adalah Sabtu budaya yang merupakan program untuk merefleksi cara berpikir  peserta didik bahwa tradisi dan  budaya adalah sangat penting untuk dilestarikan sebagai kekayaan daerah. Peserta didik pada SMKN 4 Kota Bima saat sabtu budaya menampilkan tradisi khas daerah misalnya tari, silat, permainan – permainan tempo dulu dan tradisi-tradisi daerah yang lain


Nah, kesebelas adalah  Wisata belajar, kami pernah melakukan kunjungan di Lombok utara, melihat secara dekat kelompok budidaya udang vaname dengan menggunakan  system bioflog. Dan dari hasil wisata belajar ini akan menjadi referensi bagi kami untuk menerapkannya di sekolah

Dan yang terakhir kesebelas adalah Sabtu budaya yang merupakan program untuk merefleksi cara berpikir  peserta didik bahwa tradisi dan  budaya adalah sangat penting untuk dilestarikan sebagai kekayaan daerah. Peserta didik pada SMKN 4 Kota Bima saat sabtu budaya menampilkan tradisi khas daerah misalnya permainan – permainan tempo dulu dan tradisi-tradisi daerah yang lain

“Inilah program unggulan Dikbud NTB 11 Gemilang Karya yang kami integrasikan dalam program sekolah, dengan harapan akan memberikan pengaruh yang besar bagi peserta didik terutama penguatan karakter dan peningkatan kompetensi peserta didik,” harap kepala sekolah yang penuh dengan ide-ide cemerlang.









EmoticonEmoticon