Jumat, 07 Mei 2021

Alumni SMK Negeri 4 Kota Bima, Ikut Kursus Bahasa Jepang Yang Diadakan Oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Bima




SMK Negeri 4 Kota Bima, berkerja sama dengan direktorat SMK, melalui program pusat pengembangan siswa (PPKS), dimana program ini, sekolah akan mencari lowongan kerja dengan cara bekerja sama dengan perusahaan dan lulusan atau Tamatan SMK akan melamar dan perekrutannya melalui sekolah.
Bursa kerja khusus (BKK) yang ada pada setiap SMK merupakan upaya untuk mendorong agar tamatan SMK dapat direkrut oleh dunia usaha dan dunia industri dan salah satu Unit Kerja Sekolah yang tugasnya melakukan penyaluran karir bagi siswa SMK untuk bekerja di dunia usaha dan dunia industri bermulti Nasional.
Dalam rangka mensinergikan program kerja khusus (BKK) SMK, Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, mengadakan program kursus bahasa Jepang, yang dilaksanakan di BLK Kota Bima, selama 1 bulan dan SMK Negeri 4 Kota Bima yang tamatan sekarang dan alumni ikut sebagai peserta.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Ir. Tasrif, saat memberi sambutannya, Kamis, 15 April 2021, mengatakan," pelatihan kursus bahasa Jepang merupakan salah satu program dari Dinas Tenaga Kerja, sebagai upaya untuk melatih keterampilan tamatan SMK, agar menguasai bahasa Jepang sebagai modal untuk yang akan bekerja diluar negeri (Khususnya Jepang), ini juga sebagai bentuk komitmen kita yang tertuang dalam kerja sama dengan bursa kerja khusus (BKK) SMK Negeri 4 Kota Bima, dan SMK-SMK yang lain yang ada di Kota Bima," ungkap Pak Tasrif yang dikenal Egaliter dan hamble ini, di depan peserta kursus bahasa Jepang.
Di tempat yang sama, Ketua BKK SMK Negeri 4 Kota Bima, Yusran, S.Pi, ANT. II, saat mewakili kepala sekolah mengatakan," rasa syukurnya atas terselenggaranya pelatihan kursus bahasa Jepang yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, dimana tamatan sekarang (menunggu informasi dari pihak perusahaan kapan akan dilakukan perekrutan, karena masih masa pandemik covid 19) dan alumni tahun 2019-2020 yang saat ini masih mengikuti tahapan proses perekrutan magang ke Jepang dan sangat beruntung adanya kursus bahasa jepang, Pelatihan dilaksanakan di BLK Kota Bima sebagai bentuk komitmen dan kerja sama PPKS/BKK SMKN 4 Kota Bima dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Bima dlm upaya peningkatan kualitas dan persiapan dini bagi pekerja yang akan bekerja/magang kerja ke Jepang," ungkap Pak Yus panggilan akrabnya yang juga sebagai Capten. Kapal Latih KM. Handayani 15 SMK Negeri 4 Kota Bima.
Lebih lanjut dikatakannya," peserta dari SMK Negeri 4 Kota Bima berjumlah 5 orang dan mereka nantinya akan mendapatkan sertifikat, sehingga diharapkan output dari kursus ini, alumni mendapat skill bahasa asing sehingga dalam bekerja di perusahaan menjadi tenaga handal yang profesional," ungkapnya penuh harap. (HumasSMKN4Kobi)


EmoticonEmoticon